APA ITU SNIFFING ? DAN BAGAIMANA DAMPAK TERKENA SNIFFING ?


APA ITU SNIFFING ? DAN BAGAIMANA DAMPAK TERKENA SNIFFING ? - Seperti yang kita lihat diatas, disini kita akan membahas tentang pengertian Sniffing dan Bagaimana Dampak terkena sniffing
Setelah saya baca buku " Buku Sakti Hacker " disitu terdapat pengertian Sniffing dan Dampak terkena Sniffing, tapi disini saya tidak akan memberitahu cara kerja atau tutorial melakukan Sniffing.

Dalam sebuah jaringan tentunya terdapat banyak paket data yang hilir mudik. Data yang hilir mudik tersebut bisa apa saja, mulai dari IP Address, informasi waktu, nama jaringan. Bahkan, terkadang termasuk juga informasi sensitif seperti cookies, username dan password. Paket data yang bertebaran atau keliaran tersebut bisa ditangkap atau di-capture, nah jenis tindakan tersebut adalah Sniffing.
Dengan kata lain, Sniffing memungkinkan kita melihat segala macam lalu-lintas yang melewati jalur kita. Dalam kondisi yang benar dan dengan protokol yang tepat, kita dapat mengumpulkan informasi yang dapat digunakan untuk serangan lebih selanjutnya atau menyebabkan masalah lain bagi pemilik jaringan atau sistem.

Jenis Sniffing bisa dibedakan menjadi dua, yaitu Pasif dan Aktif.
> Mengendus pasif
Dalam mengendus pasif, lalu lintas terkunci tapi tidak diubah dengan cara apapun. Mengendus pasif hanya bisa mendengarkan, Ia bekerja dengan perangkat Hub. Pada perangkat hub, lalu lintas dikirim ke semua port. Dalam jaringan yang menggunakan hub untuk menghubungkan sistem, semua host di jaringan dapat melihat lalu lintasnya. Karena itu, penyerang bisa dengan mudah menangkap lalu lintas yang lewat. Kabar baiknya adalah bahwa hub hampir usang sekarang ini. Sebagian besar jaringan modern menggunakan switch. Makanya, sniffing pasif tidak lebih efektif. > Sniffing Aktif
Dengan mengendus aktif, lalu lintas tidak hanya dikunci dan dipantau, tapi juga bisa diubah dengan cara yang ditentukan oleh serangan tersebut. Sniffing aktif digunakan untuk mengendus jaringan berbasis switch. Ini melibatkan penyuntikan address resolution packets (ARP) ke dalam jaringan target untuk membanjiri tabel isi memori beralamat (CAM). CAM melacak host mana yang terhubung ke port mana.

Menurut saya, dampak terkena sniffing itu besar dan berakibat fatal. karena, tindakan sniffing dapat menangkap data/informasi yang lewat kesana kemari.

Terimakasih telah mengunjungi blog saya, semoga info tadi bermanfaat. Maaf bila ada salah kata/tulis, karena saya manusia bukan robot.
Penulis (abnid1337)

No comments

Powered by Blogger.