MENGETAHUI LEBIH DALAM APA ITU DDOS ?


MENGETAHUI LEBIH DALAM APA ITU DDOS ? - Seperti yang kita lihat dari judul artikel ini, disini kita akan membahas lebih dalam tentang penyerangan ddos ( denial of service attack ). sebelumnya mohon maaf, karena belakangan ini sering post artikel tentang pengertian pengertian dulu. untuk tutorial seperti deface dll ditunda dulu. enggak perlu basa basi, langsung aja disimak ya...

DoS adalah singkatan dari ( denial of service ), yang merupakan sebuah metode penyerangan terhadap sebuah sistem dengan jalan menghabiskan sumbe daya sistem tersebut sehingga tidak bisa diakses kembali. Sumber daya yang dimaksud bisa berupa RAM, CPU, disk space, cahce, maupun bandwidth. Akibat yang timbul dari penyerangan ini mulai dari error-nya sebua sistem, restart/reboot, bahkan crash.

> DoS Attack terdapat dua jenis :
  • Local DoS, adalah proses DoS dengan berinteraksi langsung dengan konsole sistem operasi korban. pada Linux, konsole dikenal dengan Shell, sedangkan pada windows dikelan dengan Command prompt (cmd).
  • Remote DoS, adalah kegiatan DoS yang dilakukan secara jarang jauh atau tanpa interaksi langsung dengan konsole sistem operasi korban. Biasanya menggunakan media jaringan komputer dan internet.

    Kedua serangan DDoS dapat jatuh ke dalam tiga kategori berikut, tergantung pada target daerah infrastruktur jaringan :
  • Serangan Volumetrik (connectionless), tujuan serangan jenis ini adalah untuk membuat kemacetan dan mengirim begitu banyak lalu lintas yang menguasai bandwidth situs, serangan biasanya dijalankan menggunakan BotNet, kumpulan komputer yang terinfeksi perangkat lunak berbahaya dan dikendalikan sebagai kelompok oleh hacker.
  • TCP State-Exhaustion Attacks, Jenis serangan ini berfokus pada server web, firewall dan balancers. yang dapat mengganggu koneksi.
  • Application Layer Attack (serangan berbasis koneksi), secara khusus menargetkan kelemahan aplikasi atau server dengan tujuan membangun koneksi dan melumpuhkannya dengan memonopoli proses dan transaksi. Ancaman canggih ini lebih sulit untuk dideteksi karena tidak banyak mesin yang diperlukan utnuk menyerang, menghasilkan lalu lintas tingkat rendah yang tampaknya sah / tidak mencurigakan. Selain itum serangan ini juga bisa menjadi kombinasi dari tiga jenis yang tercantum diatas, yang membuatnya lebih menantang bagi organisasi untuk memerangi.

    0Day Ddos Attack, serangan ini terjadi ketika pelaku meneksploitasi kerentanan 0day untuk melakukan serangan DDoS. kerentanan 0day adalah sistem atau aplikasi cacat yang sebelumnya tidak diketahui oleh vendor / pembuat, dan belum diperbaiki atau ditambal. Hal ini disebut "0day" karena sekali ada program cacat, vendor memiliki hari kosong ( sebelum pelaporan ada program cacat ) untuk memperbaikinya.
    serangan Ddos 0day sangan sulit untuk dideteksi, karena serangan ini berasal dari serangan yang tidak diketahui. Penerapan program cacat ini menjadi semakin populer untuk memberikan insentif peneliti keamanan untuk melaporkan adanya kerentanan.

    Terimakasih telah mengunjungi blog saya, semoga info tadi bermanfaat. Maaf bila ada salah kata/tulis, karena saya manusia bukan robot.
    Penulis, (abnid1337)
  • No comments

    Powered by Blogger.